08 Agustus 2009

Piala Mendagri XIII di Bandar Lampung

Indah Mogia Angkat dan Muhammad Jose Rizal, Minggu (2/8), meraih Piala Mendagri XIII, yang merupakan lambang supremasi tertinggi karateka nasional yunior. Piala Mendiknas II yang merupakan lambang supremasi tertinggi karateka nasional kadet direbut oleh M Rizki dan Tifanny Hadi.

Piala Mendagri diperebutkan para karateka yunior (16-17 tahun) yang menjadi juara di kelas mereka masing-masing dalam Kejuaraan Nasional Karate Piala Mendagri XII dan Piala Mendiknas II di Bandar Lampung, Lampung. Para peraih emas di setiap kelas itu diadu untuk mencari karateka terbaik selama kejuaraan berlangsung. Sejumlah karateka senior andalan Indonesia saat ini merupakan peraih Piala Mendagri pada masa lalu. Mereka antara lain Telly Melinda, Puspa Meonk, dan Dony Dharmawan.


Indah yang membela Sumatera Utara mengaku sangat gembira bisa merebut Piala Mendagri dengan mengalahkan rekan satu provinsinya, Kristina (kelas -48 kilogram). "Senang sekali. Ini merupakan hadiah tidak ternilai buat orang-orang yang selama ini mendukung saya, seperti orang tua saya," kata Indah yang merupakan juara di kelas +59 kilogram.

Mengandalkan pukulan, Jose yang membela Lampung berhasil mewujudkan ambisinya meraih Piala Mendagri dengan mengalahkan Rangga asal DKI Jakarta (kelas -56 kilogram) dalam duel final. Ia menjelaskan suksesnya di hadapan suporter tuan rumah tidak lepas dari kegigihan Provinsi Lampung menyiapkan atlet. "Selama sebulan terakhir kami berlatih intensif untukmenghadapi kejurnas ini. Latihan sampia dua kali sehari," ujar Jose (kelas -68 kilogram) yang berlatih karate sejak kelas 4 SD.


M Rizki yang membela Sumut meraih Piala Mendiknas setelah mengalahkan Aqtrie Danasega asal Jawa Barat dalam laga final. Rizki merupakan peraih emas kelas -52 kilogram kadet (14-15 tahun), sedangkan Aqtrie adalah pemenang di kelas -70 kilogram. Tifanny Hadi juga berasal dari Sumut. Pemenang kelas kadet -54 kilogram putri ini menumbangkan Arofi Hadi dari Perguruan Lemkari.


Pada akhir kejuaraan, DKI Jakarta tampil sebagai juara umum dengan 10 emas, 1 perak, dan 9 perunggu. Tim Sumut berada di urutan kedua. Karateka belia provinsi ini mempersembahkan 9 emas, 5 perak, dan 8 perunggu. Jawa Barat melengkapi tiga besar dengan 5 emas, 10 perak, dan 10 perunggu. Tuan rumah Lampung menghuni posisi kesembilan dengan mendapat 1 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.(sumber:KOMPAS.com)

0 komentar: